Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ordner - Apa Fungsi Dari Map Snelhecter?

Ordner adalah sebuah map besar yang berbahan dasar karton tebal yang mempunyai fungsi untuk menyimpan dokumen dan arsip.

Apa itu ordner dan fungsinya?

Mengenal Ordner Dan Fungsinya Ordner adalah map besar yang memiliki warna sangat banyak dengan bahan karton tebal yang berfungsi menyimpan arsip penting (Merupakan bagian dari peralatan kearsipan). Map ini memiliki bentuk seperti buku besar tetapi di dalamnya hanya ada sebuah penjepit besi.

Apa kegunaan Brief ordner?

Fungsi ordner yaitu sebagai tempat penyimpanan dokumen penting. Dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map dengan menyesuaikan jenisnya kemudian dijepit rapi.

Ordner terbuat dari apa?

Pengertian Ordner adalah map besar yang mampu menampung atau menyimpan berbagai macam dokumen yang penting dan memiliki bentuk kotak berwarna, Ordner terbuat dari bahan karton yang tebal disertai dengan penjepit kertas di tengahnya (Ring Binder).

Bagaimana cara menggunakan ordner?

Jawaban:

  1. Letakkan didalam lemari yang tertutup atau dalam rak buku jika anda memilikinya.
  2. Kelompokan Ordner sesuai dengan isinya.
  3. Berilah label pada setiap Ordner supaya mudah untuk ditemukan.
  4. Sisi punggung Ordner harus menghadap keluar sehingga mudah dibaca.

Apa yang dimaksud rak arsip?

Rak arsip merupakan lemari arsip tanpa pintu, digunakan unutk tempat menyimpan arsip yang disusun secara lateral (menyamping). Terdapat rak arsip kayu dan rak arsip besi Arsip-arsip yang akan disimpan di rak file atau rak arsip, terlebih dahulu dimasukkan ke dalam ordner atau kotak arsip.

Apa saja yang termasuk peralatan kearsipan?

Dengan banyaknya dokumen yang harus di dokumentasikan, peralatan kearsipan sangatlah dibutuhkan untuk setiap perusahaan, berikut daftar 12 jenis peralatan kearsipan lengkap dengan penjelasannya;

  1. Filling Cabinet.
  2. 2. Rotary.
  3. 3. Lemari Arsip.
  4. 4. Rak Arsip.
  5. Map Arsip Atau Map Folder.
  6. 6. Ordner.
  7. 7. Stapler.
  8. Perforator.

Apa yang dimaksud dengan file box?

Sedangkan pengertian Box File Menurut Wursanto (1997:32) menjelaskan bahwa Berkas kotak (Box File) adalah kotak yang dipergunakan untuk menyimpan warkat(arsip) setiap kotak dipergunakan untuk menyimpan warkat-warkat sejenis, atau yang berisi hal-hal yang sama.

Apa fungsi dari map snelhecter?

Maksudnya, Toppers dapat menggunakan map snelhecter untuk menyimpan berkas dalam jangka waktu yang singkat maupun lama. Perlu diingat juga bahwa berkas yang ingin disimpan di dalam map ini harus diberi lubang terlebih dahulu dengan perforator atau alat pelubang kertas sebelum diikat.

Tempat berkas apa namanya?

Hal pertama yang harus Anda beli untuk perlengkapan kearsipan adalah filing cabinet. Pasalanya, filling cabinet ini berfungsi untuk menyimpan berkas-berkas terbaru atau aktif di perusahaan. Lemari arsip ini biasanya terdiri dari satu sampai enam laci. Masing-masing laci mampu menampung sekitar 5.000 lembar dokumen.

Apa yang dimaksud dengan hanging folder?

Secara sederhana, sebenarnya map gantung atau hanging map adalah jenis folder atau map yang memiliki besi penyangga yang berfungsi menggantung map yang biasanya dipasang pada filing cabinet dalam posisi horizontal.

Apa saja fungsi dari peralatan kearsipan?

Secara umum peralatan kearsipan memiliki fungsi diantarnya adalah: Sebagai sarana penyimpanan berkas yang aman. Sebagai sarana pelindung berkas dari bahaya kerusakan. Untuk mengelompokkan berkas-berkas dengan rapi, dapat diterapkan dengan sistem abjad, tanggal pengarsipan, nomor, dan sebagainya.

Apa fungsi rak kartu?

Rak Kartu. Rak Kartu adalah laci untuk menyimpan kartu yang digunakan untuk menyimpan kode arsip. Sehingga memudahkan petugas untuk mencari arsip sesuai data kartu arsip yang tersimpan di dalam rak kartu.

Bagaimana cara menyusun dan menggunakan peralatan kearsipan?

CARA PENGGUNAAN PERALATAN KEARSIPAN

  1. Tentukan laci mana yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan.
  2. Bukalah laci filing cabinet dengan kunci.
  3. Tariklah laci tsb dengan hati-hati.
  4. Carilah posisi hanging folder tempat arsip akan disimpan atau dicari.
  5. Letakan atau ambil arsip yang diinginkan.

Apa itu TAB dalam arsip?

2.8 Tab adalah bagian dari guide atau folder yang menonjol,dipakai untuk menuliskan kode/indeks.

Apa fungsi dari rak arsip?

Rak Arsip adalah alat kearsipan yang biasanya digunakan untuk pengarsipan dokumen dengan menyusun berkas secara lateral atau menyamping. Berkas-berkas ini bisa dikelompokkan dulu, lalu dimasukkan ke ordner sesuai kategorinya.

Apa saja macam macam map arsip?

Macam – Macam Map Arsip Kertas yang Umum Digunakan

  1. Map Folio. Tipe map pertama yang sangat sering kita jumpai adalah map folio.
  2. Map Folder. Berikutnya ada map folder yang memiliki bentuk unik dan tebal.
  3. Map Amplop. Jenis map yang juga sangat umum ditemui adalah map amplop.
  4. Map Snelhecter.
  5. Map Odner.

Apa nama tempat arsip dokumen?

Filling cabinet merupakan lemari dengan laci-laci kotak besar yang tersusun secara vertikal dan dapat digunakan untuk mengelompokkan dokumen. Filling cabinet terbuat dari besi dan bisa dikunci.

Apa tujuan kearsipan secara umum?

Adapun tujuan kearsipan yaitu: Agar arsip terpelihara dengan baik, teratur dan aman. Jika dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat. Menghemat waktu dan tenaga.

Apa fungsi Bantex?

Bantex box file / magazine file cocok digunakan sebagai wadah penyimpanan perlengkapan tergulung semacam ini. Karena konstruksi bagian atasnya yang terbuka, box file bantex cocok untuk menyimpan aneka gulungan dengan berbagai ukuran.

Bagaimana standar box untuk penyimpanan arsip?

Boks Arsip terbuat dari Karton Gelombang, yaitu karton yang dibuat dari beberapa lapisan kertas medium bergelombang dengan kertas lainer sebagai penyekat dan pelapisnya, sesuai dengan (SNI 14-0094-1996, Spesifikasi Kertas Medium). Keadaan LembaranRata, tidak kotor, tidak berlubang dan tidak kisut.

Posting Komentar untuk "Pengertian Ordner - Apa Fungsi Dari Map Snelhecter?"