Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Sejarah Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Kehidupan Manusia - Mengapa Sumber Sejarah Memiliki Kedudukan Yang Penting Dalam Penulisan Sejarah Jelaskan Pendapatmu Disertai Dengan Alasan Yang Tepat?

sejarah memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia karena sejarah menceritakan kiisah kehidupan manusia.

Mengapa sejarah memiliki peran penting dalam suatu negara?

dengan adanya sejarah kita dapat mengambil pelajaran suatu hal yang buruk supaya tidak terulang kembali dikemudian hari. sejarah juga dapat memunculkan sikap nasionalisme suatu mayrakat dalam negara unuk tetap mengingat, mengenang jasa-jasa pahlawan untuk memerdekakan suatu bangsanya sendiri.

Mengapa manusia tidak bisa dipisahkan oleh ruang dan waktu?

Manusia tak akan bisa dipisahkan dari ruang dan waktu sebab semua aktivitas manusia mutlak berlangsung dalam ruang dan waktu tertentu. Tak ada satupun kejadian atau peristiwa yang terjadi tanpa medium ruang.

Mengapa manusia tidak bisa dipisahkan dari sejarah?

Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan, sejarah tanpa manusia adalah khayal. Manusia dan sejarah merupakan kesatuan dengan manusia sebagai subyek dan obyek sejarah. Bila manusia dipisahkan dari sejarah maka ia bukan manusia lagi, tetapi sejenis makhluk biasa, seperti hewan.

Mengapa sejarah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia?

Hal tersebut dikarenakan manusia adalah objek serta subjek atau pelaku dalam sejarah. Sejarah disusun oleh manusia berdasarkan fakta-fakta atau peninggalan masa lalu.

Apakah belajar sejarah penting bagi kehidupan manusia Sertakan alasannya?

Dengan mempelajari sejarah, kita bisa mengetahui banyak hal yang terjadi di masa lampau. Sejarah merupakan disiplin multifaset yang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran budaya serta pemahaman moral dan budi pekerti.

Mengapa peristiwa sejarah dapat dijadikan pelajaran yang baik bagi kehidupan kita?

Peristiwa sejarah dapat dijadikan pelajaran yang baik adalah Karena dengan sejarah kita dapat mengetahui kejadian di masa lalu dan hal tersebut bisa menjadi inspirasi kita untuk menjadi lebih baik dan lebih menghargai hidup.

Mengapa sumber sejarah memiliki kedudukan yang penting dalam penulisan sejarah Jelaskan pendapatmu disertai dengan alasan yang tepat?

=> Sumber sejarah penting dalam penulisan sejarah karena sumber sejarah merupakan bukti kuat akan kebenaran mengenai peristiwa sejarah itu sendiri. Karena jika sumber sejarah tidak jelas darimana datangnya tentu saja keaslian dan kepastian kisah sejarah akan meragukan kebenarannya.

Mengapa sebuah peristiwa sejarah terkait dengan manusia ruang dan waktu?

Jawaban: karena jika suatu peristiwa tidak mencakup unsur manusia, ruang dan waktu. maka peristiwa tersebut tidak akan jelas asal usulnya.

Bagaimana kehidupan manusia dalam sebuah peristiwa sejarah?

Kedudukan manusia dalam sejarah dapat mencakup sebagai subjek ataupun objek dalam sejarah. Manusia sebagai subjek sejarah berarti tindakan manusia dapat menentukan arus kesejarahan. Akan tetapi, manusia sebagai objek sejarah berarti manusia tersebut menjadi sasaran sejarah.

Apa arti penting sejarah dalam kehidupan manusia?

Secara umum, sejarah berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan dijadikan media untuk menelusuri fakta dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Fungsi umum ini ditujukan supaya manusia di generasi selanjutnya bisa menjadikan peristiwa di masa lampau tersebut sebagai pelajaran serta pengalaman penting.

Adakah keterkaitan antara sejarah masa lalu dengan kehidupan manusia di masa kini?

Peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lalu berkaitan erat dengan masa sekarang dan masa depan, karena karena setiap peristiwa saling berkaitan dan terdapat adanya hubungan kausalitas (sebab akibat) dengan peristiwa setelahnya. Peristiwa masa lalu dapat menjadi penyebab peristiwa yang berlangsung sesudahnya.

Mengapa peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan ruang?

Peristiwa sejarah selalu terkait dengan ruang dan waktu, karena setiap peristiwa terjadi dalam konteks waktu dan tempat tertentu. Misalnya proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945, di Jakarta, pada kondisi setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu.

Mengapa dalam penulisan sejarah harus didasarkan pada konsep sejarah sebagai ilmu?

Jadi, sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu karena ia menjadi sumber-sumber pengetahuan tentang apa yang terjadi pada masa lampau.

Mengapa di dalam penelitian dan penulisan sejarah diperlukan ilmu bantu sejarah?

Ilmu bantu sejarah dapat memberikan prespektif yang lebih luas dalam penulisan sejarah dan memberikan penjelasan lebih relevan antara topik sejarah dari bidang ilmu tertentu.

Bagaimana sikap yang kita ambil ketika menemukan sumber sejarah yang ternyata palsu pada saat melakukan penelitian sejarah?

melaporkan ke pihak yg berwenang,dan mencari sumber laen yang lebih jelas

Bagaimana kedudukan sejarah tanpa adanya keberadaan manusia?

Kedudukan sejarah saat tanpa manusia itu tidak ada nilai nya, karena manusia lah yang mengukir sebuah sejarah menjadi mengandung nilai, agar bisa mendapatkan pembelajaran dari sejarah itu sendiri untuk manusia yang hidup di masa selanjutnya.

Apa hubungan sejarah dengan kehidupan kita?

Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

Mengapa sejarah dikatakan sebagai peristiwa yang berkesinambungan?

Karena SEJARAH hidup seiring dg perkembangan Masyarakat itu sendiri. Sehngga sejarah akan selalu berkesinambungan selama kehidupan umat manusia masih ada.

Mengapa sejarah dianggap sebagai ilmu pengetahuan?

KOMPAS.com - Sejarah dikatakan sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan terkait masa lalu yang disusun secara sistematis sesuai kajian metode ilmiah. Sebagai ilmu, sejarah merupakan suatu disiplin dan cabang pengetahuan tentang masa lampau yang kemudian berupaya diwariskan kepada masyarakat di masa sekarang.

Bagaimana dampaknya jika penulisan sejarah itu tidak dilakukan secara konsep sejarah sebagai ilmu?

Jawaban. dampaknya sejarah yang ditulis akan teracak atau tidak tersusun rapi sesuai tahun dan sejarah terbentuknya, oleh karena itu penulisan sejarah sebaiknya kronologis atau biasanya kronologisnya terotomatis terbentuk sesuai cerita atau sejarah yang ditulis. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengapa Sejarah Memiliki Hubungan Yang Erat Dengan Kehidupan Manusia - Mengapa Sumber Sejarah Memiliki Kedudukan Yang Penting Dalam Penulisan Sejarah Jelaskan Pendapatmu Disertai Dengan Alasan Yang Tepat?"