Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Zat Cair Bentuknya Dapat Menyesuaikan Tempatnya - Apa Yang Terjadi Jika Suatu Benda Cair Dipindahkan Tempat?

Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya.

Bagaimana sifat benda cair terhadap wadahnya?

Bentuk benda cair selalu berubah-ubah mengikuti wadahnya. Contohnya, air akan berbentuk seperti mangkuk jika kita pindahkan ke mangkuk dan berbentuk seperti botol jika kita pindahkan ke dalam botol. Namun, volume atau jumlah benda cair tidak berubah meski wadahnya bisa kita ubah-ubah.

Apakah volume zat cair mengikuti wadahnya?

Sifat benda cair yang paling tampak adalah pasti cairannya akan mengikuti bentuk wadahnya. Hal ini karena benda cair memiliki volume yang tidak tetap sehingga bentuknya pun menjadi tidak tetap mengikuti bentuk wadah yang menampungnya.

Bagaimana cara benda cair berubah bentuk?

Air bisa berubah bentuk tergantung dengan cuaca atau suhu di sekitarnya. Yap! Ada 4 macam perubahan wujud yang bisa terjadi pada benda cair, yaitu membeku, mencair, menguap, dan mengembun.

Mengapa zat cair dapat mengalir dan bentuknya dapat menyerupai wadahnya?

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Benda cair memiliki volume yang tidak tetap sehingga bentuknya pun menjadi tidak tetap mengikuti bentuk wadah yang menampungnya. Sifat molekul cairan tidak rapat dan padat melainkan renggang dan membuatnya mudah mengalir dan menyesuakan wadahnya dengan adanya pengaruh tekanan.

Mengapa benda cair memerlukan sebuah wadah?

untuk mempertahankan bentuknya, karena zat cair memiliki sifat yaitu dapat berubah bentuk sesuai wadahnya.

Apa yang terjadi jika suatu benda cair dipindahkan tempat?

Zat cair yang dipindahkan dari satu wadah ke wadah yang lain akan berubah bentuknya sesuai dengan bentuk wadahnya akan tetapi volumenya tetap meskipun wadah tidak tertutup selama tidak ada massa air yang hilang (tumpah).

Mengapa volume dan bentuk gas selalu berubah sesuai dengan tempatnya?

Mengapa volume dan bentuk gas berubah sesuai dengan tempat? Jawabannya karena gas tidak memiliki bentuk maupun volume yang pasti.

Mengapa air bisa berubah bentuk?

Karena air adalah unsure yang mempunyai sifat molekul zat yang saling berdekatan, namun tidak padat dan tidak terikat satu sama lain atau dapat sewaktu 2 buyar dan terpecah, ini menyebabkan air mudah untuk berubah wujud atau fisik dari cair menjadi padat (kristalisasi) dan dari cair ke dalam bentuk uap (mengembun).

Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan wujud dari benda padat menjadi cair?

Mencair merupakan peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair. Suatu benda dapat mencair karena adanya kenaikan suhu menjadi lebih panas. Contoh perubahan zat padat menjadi zat cair adalah es batu di dalam air yang semakin lama akan berubah menjadi air.

Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk pada benda?

Proses perubahan wujud ini terjadi karena adanya pelepasan energi panas atau kalor pada suhu yang lebih rendah dari benda.

Mengapa suatu benda dapat mengalami perubahan wujud menjadi benda lain?

Perubahan wujud tersebut terjadi karena suatu benda dipanaskan atau didinginkan dengan suhu tertentu. Perubahan wujud benda dapat bersifat sementara atau tidak sementara dan dapat menghasilkan atau tidak menghasilkan zat baru.

Bagaimana sifat bentuk benda cair?

Sifat-sifat benda cair adalah : Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Benda cair memiliki isi yang tetap.

Mengapa zat padat memiliki bentuk yang tetap sedangkan zat cair dan zat gas memiliki bentuk yang tidak tetap?

Jawaban. Zat padat memiliki bentuk yang tetap karena partikel-partikel zat padat saling berdekatan serta tersusun dengan teratur. Sehingga gaya tarik menarik antar partikel sangat kuat.

Mengapa benda cair memiliki kecepatan aliran yang berbeda?

Kecepatan aliran berbeda karena adanya perbedaan viskositas. Besarnya viskositas dinyatakan dengan suatu bilangan yang menyatakan kekentalan suatu zat cair. Viskositas yang dimiliki setiap fluida berbeda dan dinyatakan secara kuantitatif oleh koefisien viskositas η (Giancoli, 2001: 347).

Bagaimana sifat benda cair Tulislah dua jawabanmu?

1.bentuk nya berubah-rubah sesuai drngan tempatnya. 2.mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. 3.menekan ke segala arah. 4.permukaan benda cair selalu datar.

Mengapa air di sebut sebagai zat cair?

karena air merupakan benda cair yang dapat menyerap kemanapun ke benda yang berongga dan memenuhi volum di sekitarnya,maka dari itu air disebut air.

Bagaimana benda cair dapat mengalir?

2. Benda cair dapat mengalir Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah gaya gravitasi bumi. Dengan adanya gravitasi bumi, maka setiap benda cair pasti akan mencari jalan untuk mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Mengapa benda padat memiliki bentuk yang tetap jika berubah bentuk bila diletakkan dalam wadah?

Jawaban: Benda padat memiliki sifat bentuk dan ukuran yang selalu tetap. Selain itu, daya tarik antar molekulnya sangat kuat sehingga benda padat memiliki volume yang tetap dan molekul yang rapat. Ketika benda padat dimasukkan ke suatu tempat, bentuknya akan tetap, tidak mengikuti bentuk wadah.

Bagaimana bentuk permukaan benda cair yang tenang?

permukaan benda cair yang tenang berbeda dengan bentuk cair yang bergejolak, Hal itu terlihat pada wadah yang tembus pandang, walaupun wadahnya dimiringkan, permukaan benda cair yang tenang tetap datar. Bagaimanapun cara kamu memiringkannya, permukaan benda cair yang tenang selalu datar.

Mengapa zat yang berwujud padat mempunyai bentuk dan volume stabil?

Zat padat mempunyai bentuk dan volume yang tetap karena jarak antarpartikel yang dekat dan gaya tarik antarpartikel yang sangat kuat pada zat padat.

Posting Komentar untuk "Mengapa Zat Cair Bentuknya Dapat Menyesuaikan Tempatnya - Apa Yang Terjadi Jika Suatu Benda Cair Dipindahkan Tempat?"