Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Atau Dampak Keberagaman Masyarakat Terhadap Kehidupan Sosial - Apa Saja Pengaruh Keragaman Tersebut?

Pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia sangat signifikan di mana masyarakat mudah terpecah dengan isu-isu menyangkut agama, kebudayaan, ras dan lain sebagainya.

Dampak negatif apa saja sebagai pengaruh dari keberagaman masyarakat?

Selanjutnya, pengaruh negatif adanya keberagaman yaitu mulai dari menimbulkan perpecahan, pergesekan atau konflik antar suku, etnis, kelompok, golongan, dan agama, serta lainnya.

Apa dampak positif keberagaman sosial budaya masyarakat di Indonesia?

Kehidupan sosial dan budaya yang beragam dapat memperkuat tali persaudaraan di antara masyarakat. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Agar kondisi masyarakat tenteram dan harmonis, masyarakat hendaknya menumbuhkan dan melatih sikap toleransi kepada sesama.

Apa dampak positif dan negatif dari keberagaman masyarakat Indonesia?

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara. Dampak positif memberikan manfaat bago perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan Negara.

Apa saja pengaruh keragaman tersebut?

Tuliskan beberapa pengaruh keberagaman

  • Keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan objek pariwisata,
  • Keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan pengembangan kebudayaan nasional,
  • Tertanamnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai antarsuku yang berbeda.
  • Kecurigaan antarsuku bangsa,

Bagaimana akibat yang ditimbulkan dari masalah keberagaman sosial budaya?

Contoh akibat positif yang ditimbulkan dari keberagaman sosial dan budaya antara lain menciptakan integrasi nasional dan memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya, dan golongan yang ada di Indonesia. Selain akibat positif keberagaman budaya juga dapat memicu akibat negatif, yaitu konflik dalam masyarakat.

Apa dampak positif dan negatif dari adanya keberagaman sosial budaya?

Dampak positif dari adanya keberagaman sosial budaya adalah memunculkan rasa toleransi yang kuat, kekayaan budaya yang menjadi daya tarik, menjadi identitas bangsa, dan memperkuat rasa persatuan. Dampak negatif dari keberagaman sosial budaya adalah dominansi dari kaum mayoritas, konflik fisik, dan konflik sosial.

Apa yang dimaksud dengan keberagaman dalam kehidupan masyarakat?

Pada dasarnya, keberagaman adalah suatu kondisi yang terdapat bermacam-macam perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu di tengah kehidupan bermasyarakat. Perbedaan tersebut tidak hanya sekadar pada gender saja, tetapi juga dalam berbagai bidang.

Apa saja dampak dari kurangnya toleransi keragaman sosial budaya?

1. Terjadinya konflik dalam masyarakat, seperti konflik ras, konflik antarsuku, maupun konflik antaragama. 2. Disintegrasi atau perpecahan bangsa. Konflik sosial karena perbedaan ekonomi, status sosial, ras, suku, agama, hasil kebudayaan, dan yang lainnya, bisa memicu perpecahan bangsa.

Apa saja dampak dari keberagaman budaya di Indonesia?

Apa saja Dampak Positif Keragaman Budaya di Indonesia?

  • Menjadi milik negara.
  • Dampak Positif Keragaman Budaya adalah dengan membangun masyarakat yang toleran.
  • Dampak Positif Keragaman Budaya Menjadi daya tarik bagi turis asing.
  • Meningkatkan pendapatan nasional.
  • Orang sering kali cuek.
  • Manajemen yang terganggu.

Apa manfaat keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat?

Adapun manfaat keragaman adalah sebagai berikut yang dilansir dari berbagai sumber. Simak baik-baik ya! Mendapat banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai agama, suku, budaya, adat istiadat, bahasa daerah, dan lain sebagainya. Memperkokoh rasa persatuan serta kesatuan antar masyarakat dalam menjaga NKRI.

Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya keragaman dalam suatu masyarakat?

Faktor penyebab keberagaman di Indonesia yaitu kondisi geografis, sejarah, lingkungan alam, transportasi, perubahan nilai sikap, iklim, dan agama.

Apa dampak dari kurangnya memahami keragaman dalam masyarakat?

Beberapa dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut. 1. Terjadinya konflik, baik konflik ras, konflik antarsuku, maupun konflik antaragama.

Mengapa keragaman sosial budaya dapat menumbuhkan sikap nasionalisme?

Jawaban. Jawaban: Karena Indonesia percaya bahwa keragaman budaya bukanlah suatu halangan,namun sebagai keragaman yang menjadikan Indonesia dapat bersatu "Bhinneka tunggal Ika".

Sebut dan jelaskan apa saja faktor penyebab keberagaman di Indonesia?

5 Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia, Materi Kelas 4 SD Tema 7

  • Respon Masyarakat Atas Perubahan.
  • Kondisi Alam yang Beragam.
  • Letak Strategis.
  • Keadaan Transportasi dan Komunikasi.
  • Negara Indonesia Berbentuk Kepulauan.

Bagaimana cara yang tepat untuk menyikapi keberagaman?

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8: Bagaimana Cara Menyikapi Keragaman Karakteristik?

  1. Memahami dan Menerima Keberagaman. Enggak bisa dipungkiri, dalam kehidupan sehari-hari selalu menemui seseorang yang beragam.
  2. Menghargai Pendapat.
  3. Sikap peduli dan empati.

Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat di Indonesia?

2. Bagaimana bentuk keberagaman masyarakat Indonesia? Jawaban: Suku dan Budaya, Agama, Ras, Golongan, Adat Istiadat, dan Kepentingan.

Mengapa keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia?

Jawaban. Penjelasan: Mengapa bisa menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia? Sebab keanekaragaman dapat menjadi sebuah kekayaan suatu negara apabila didalam negara tersebut terdapat integrasi nasional dan terdapat toleransi yang tinggi antar suku, ras, agama atau perbedaan lainya.

Apa manfaat keberagaman budaya di indonesia coba sebutkan?

Keragaman budaya bukan menjadi penghalang persatuan. Semakin banyaknya budaya yang ada dapat mendorong masyarakat untuk bersatu dan saling menghormati satu sama lain.

Apa dampak yang akan timbul dari sikap memandang masyarakat dan kebudayaan sendiri lebih baik serta merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain?

Memandang masyarakat dan kebudyaan sendiri lebih baik, sehingga menimbulkan sikap merendahkan kebudayaan lain. Sikap ini mendorong konflik antarkelompok. Terjadinya konflik ras, antarsuku, atau agama. Terjadinya kemunduran suatu bangsa dan negara, karena pemerintah sulit membangun kebijakan.

Apa akibatnya jika tidak menyikapi keberagaman masyarakat dengan bijak?

Akibat jika tidak menyikapi keberagaman masyarakat dengan bijak? Maka kita akan menganggap bahwa keberagaman adalah perbedaan. Akan terjadi perpecahan di kalangan masyarakat. Menimbulkan konflik dan perselisihan antar masyarakat.

Posting Komentar untuk "Pengaruh Atau Dampak Keberagaman Masyarakat Terhadap Kehidupan Sosial - Apa Saja Pengaruh Keragaman Tersebut?"